METODE PEMBELAJARAN DAN ADAPTASINYA

Metode Proyek
Pengertiannya adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak pada suatu masalah, kemudian di bahas dari berbagai segi pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna. Penggunaan metode ini bertitik tolak dari anggapan bahwa pemecahan masalah perlu melibatkan bukan hanya satu mata pelajaran melainkan hendaknya melibatkan berbagai mata pelajaran yang ada kaitannya dengan pemecahan masalah tersebut.

Adaptasi : Perlu adanya beberapapenyesuaian dalam menggunakan metode proyek bagi PDBK disesuaikan dengan karakteristiknya.

Metode Eksperimen
Pengertiannya adalah Metode eksperimen (percobaan) adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Siswa dituntut untuk mengalaminya sendiri, mencari kebenaran atau mencoba mencari suatu hukum atau dalil dan menarik kesimpulan atau proses yang dialaminya itu.

Adaptasi : Perlu adanya beberapa penyesuaian dalam menggunakan metode eksperimen bagi PDBK di sesuaikan dengan karakteristiknya.

Metode Tugas atau resitasi
Pengertiannya adalah Metode penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode ini diberikan karena materi materi pelajaran banyak sementara waktu sedikit. Agar materi pelajaran selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan, maka metode inilah yang biasanya digunakan oleh guru. Tugas ini biasanya bisa dilaksanakan di rumah, di sekolah, di perpustakaan,dan di tempat lainnya. Tugas dan resitasi merangsang anak untuk aktif belajar, baik individu maupun kelompok, tugas yang diberikan sangat banyak macamnya tergantung dari tujuan yang hendak dicapai.
Adaptasi :Perlu adanya beberapa penyesuaian dalam menggunakan demonstrasi eksperimen bagi PDBK disesuaikan dengan karakteristiknya.

Metode Diskusi
Pengertiannya adalah : Cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan pada suatu masalah yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan secara bersama. Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah. Dalam diskusi terjadi interaksi,tukar menukar pengalaman, informasi memecahkan masalah dan siswa menjadi aktif.
Adaptasi : Perlu adanya beberapa penyesuaian dalam menggunakan metode diskusi bagi PDBK disesuaikan dengan karakteristiknya.Untuk peserta didik tunarungu dalam berdiskusi bisu bisa dibantu dengan bahasa isyarat atau bahasa tubuh.

Metode Sosiodrama
Pengertiannya adalah : Metode sosiodrama dan role playing dapat dikatakan sama dalam pemakaiannya sering disilihgantikan. Sosiodrama pada dasarnya mendramatisasi tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.
Adaptasi : Perlu adanya penyesuaian dalam menggunakan metode sosiodrama bagi PDBK disesuaikan dengan karakteristiknya.












Komentar